Logo SMP Pasundan 1 Bandung

KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG
Published: 17 Agustus 2020 23:14

Sejak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pencegahan penyebaran Covid-19, SMP Pasundan 1 Bandung tidak memiliki pilihan lain kecuali melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan istilah Belajar Dari Rumah (BDR), melalui daring atau luring dan kombinasi. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat BDR adalah masalah keberlangsungan pendidikan anak-anak dan keterjaminan kesehatannya. Selama BDR teknologi informasi yang Guru, Wali Kelas, Orang tua dan Siswa gunakan dalam belajar adalah media komunikasi whatsapp, telepon, Sistem Akademik SMP Pasundan 1 Bandung yang dikenal SIAKAD, Google Classroom, Zoom, Google Meet, Quizzz, Mentimeter, dan youtube.

Untuk memotret secara langsung pelaksanaan BDR, maka dibuat Grup BDR, Grup Dokumen BDR, dan hasilnya di Upload di SIAKAD dengan Tujuan :

  1. Memberikan kepastian layanan pendidikan berkualitas selama diberlakukan Belajar Dari Rumah (BDR) 
  2. Memberikan panduan standar minimal yang jelas kepada Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Orang Tua pada saat BDR. 
  3. Memberikan arahan tentang Langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk menjamin pelaksanaan BDR 
  4. Memudahkan kegiatan evaluasi BDR bagi Dinas Pendidikan dan pihak berkepentingan dalam melihat efektivitas pelaksanaan BDR. Dokumen BDR yakn: Dokumen 1, Dokumen 2 Berisi Silabus, Dokumen 3 berisi RPP, Surat Edaran Kepala Sekolah tentang Petunjuk Teknis BDR, Gambar Kegiatan Siswa, dan Gambar kegiatan Guru dalam BDR serta Nilai- Nilai hasil penugasan. Dokumen BDR berupa softcopy dan hardcopy